Gaji UMR Medan

Gaji UMR Medan – Ingin bekerja dengan penghasilan yang layak dan setara dengan upah minimum (UMR/UMK) yang telah ditentukan sesuai tempat tinggal Anda?

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengakses atau mengunjungi situs website tekno.wmt.co.id dalam mencari informasi tentang Gaji UMR Medan terbaru.

Ketika Anda mengunjungi situs tersebut kalian bisa denganmudah mencari tahu berbagai jenis informasi yang telah update disetiap harinya.

Tentu saja hal ini akan menyebabkan lebih dari satu perbedaan besaran gaji yang harus dibayarkan di beberapa daerah di Indonesia. Tak heran jika gaji UMR Medan atau UMK Medan berbeda dengan daerah lain.

Nah, dibawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai ulasan Gaji UMR Medan. Terus simak ulasan selengkapnya dibawah ini ya teman-teman!!

Apa itu UMR ?

UMR adalah upah minimum yang dibayarkan oleh perusahaan, perusahaan besar dan kecil dalam hal membayar karyawan atau pekerjanya.

Setiap daerah di Indonesia mulai dari tingkat provinsi, kota hingga kabupaten memiliki standar tersendiri terkait Gaji UMR dan Gaji UMK.

UMR atau Upah Minimum Regional yakni telah diberikan dalam mengapresiasi sebuah kinerja pegawai yakni selama masa bekerja, yang sesuai dengan ketentuan atau kemampuan kerja.

Selain itu, dapat dijadikan sebagai tolak ukur bagi pegawai lain untuk memperoleh gaji yang layak sesuai standar yang berlaku.

Gaji UMR dibayarkan kepada pekerja berdasarkan sejumlah kriteria. Misalnya dari tingkat pendidikan, pengalaman kerja, usia, di dalam dan di luar perusahaan, keahlian dalam menjalankan semua tugas yang diberikan oleh atasan dan dedikasi atau kontribusinya bagi kemajuan usaha pengusaha atau perusahaan tersebut.

Gaji UMR Medan

Gaji-UMR-Medan

Dibawah ini adalah beberapa rincian mengenai Gaji UMR di wilayah Medan. Kurang lebih seperti ini, bila tidak sama mungkin sudah ada perubahan karena semua angka atau nominal pendapatan tidaklah sama. Inilah berbagai informasinya:

NoRincianGaji / Pendapat Perbulan
1Kota MedanRp. 3.329.867
2Kabupaten Deli SerdangRp. 2.814.734
3Kabupaten AsahanRp. 3.118.592
4Kota BinjaiRp. 2.614.781
5Kabupaten NiasRp. 2.560.336
6Kabupaten Labuhan BatuRp. 2.895.289
7Kabupaten Toba SamosirRp. 2.668.614
8Kabupaten SamosirRp. 2.648.577
9Kabupaten Padang LawasRp. 2.735.827
10Kabupaten Humbang HasundutanRp. 2.524.032
11Kabupaten Batu BaraRp. 3.191.570
12Kabupaten Labuhanbatu UtaraRp. 2.869.292
13Kabupaten KaroRp. 3.070.354
14Kabupaten Tapanuli SelatanRp. 2.903.042
15Kabupaten LangkatRp. 2.710.988
16Kabupaten Padang Lawas UtaraRp. 2.767.874
17Kota SibolgaRp. 3.003.922
18Kabupaten Tapanuli TengahRp. 2.830.884
19Kabupaten Mandailing NatalRp. 2.691.808
20Kabupaten DairiRp. 2.504.195
21Kabupaten Gunung SitoliRp. 2.668.614
22Kota Pematang SiantarRp. 2.501.519
23Kabupaten Serdang BedagaiRp. 2.869.291
24Kabupaten Labuhanbatu SelatanRp. 2.930.970
25Kabupaten Tebing TinggiRp. 2.767.874
26Kota TanjungbalaiRp. 2.822.425
27Kota Padang SidempuanRp. 2.676.209
28Kabupaten Tapanuli UtaraRp. 2.542.836

Perbedaan Antara Gaji UMR dan Gaji UMK di Indonesia
Gaji Karyawan

Perbedaan-Antara-Gaji-UMR

Ada lebih dari satu spesifikasi yang tidak sama di antara keduanya. Misalnya, dalam berbagai jenis faktor penentuan upah atau golongan pekerja apa yang berhak diterima di setiap daerah sesuai dengan peraturan Kementerian Tenaga Kerja dan lain-lain.

Nah, dibawah ini akan kami jelaskan mengenai perbedaan antara gaji UMR dan gaji UMK di Indonesia, diantaranya ialah:

1. Berdasarkan Penetapan Gaji UMR dan Gaji UMK

Dalam prosesnya gubernur berhak menetapkan upah UMP masing-masing daerah. Sedangkan jenis UMK sebenarnya sama. Akan tetapi Gubernur menerima usulan dari dewan DPD di tingkat kota, provinsi, dan kabupaten.

Misalnya, saat mendirikan UMR Provinsi Jawa Timur, yang menetapkan UMR adalah Khofifah Indar Parawansa. Sedangkan bagian UMK Kabupaten atau Kota melalui Bupati atau Walikota. Kemudian kewenangan DPD adalah memantau langsung masyarakat untuk melakukan survei informasi tersebut.

2. Berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja

Dengan berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja RI th. 1999 menunjukkan bahwa Upah Minimum Regional terbaru ada dua jenis. Itu UMR level 1, levelnya ada di Provinsi.
Kemudian tingkat kedua termasuk di tingkat kabupaten atau kota. Namun dalam perkembangannya, peraturan tersebut diubah kembali menjadi Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 226 Tahun 2000.

Disebutkan bahwa UMR tingkat 1 telah berubah nama menjadi UMP. Sedangkan upah level 2 diubah menjadi Upah Minimum atau Upah Minimum Kabupaten atau Kota.

3. Kriteria Pekerja yang Menerima Gaji UMR

Perbedaan berikutnya adalah tingkat karyawan. Jika pekerja yang bekerja belum menikah atau berstatus lajang, tentu kebutuhan dan tanggung jawabnya tidak banyak, jika dibandingkan dengan pekerja yang sudah menikah dan mempunyai anak.

Tidak hanya itu, khususnya bagi karyawan yang bekerja secara borongan atau dengan proses kontrak harian, upah diperoleh melalui besaran absensi selama bekerja setiap bulannya. Jika waktu kerja pada hari Minggu, gaji dibagi menjadi 25 hari kerja, dihitung dari hari kerja pertama.

4. Ketentuan Gaji UMR Dan UMK Pada Tiap Daerah

Sistem upah tenaga kerja ini telah disahkan dalam UU Ketenagakerjaan No. 13 tahun. 2013. Selain itu juga diatur dalam Peraturan pemerintah terbaru tahun 2015 yaitu terkait pemberi gaji. Baik itu dari perusahaan atau menurut peraturan pengupahan UMR dan UMK satu daerah.

Ketentuan dalam peraturan perundang-undangan tersebut berlaku untuk semua jenis badan usaha atau perusahaan seperti PT atau CV dengan jumlah pegawai minimal 10 orang, sehingga pegawai dapat memperoleh upah minimum atau upah minimum regional.

5. UMR Bukan Bagian dari Gaji Pokok

Akhir-akhir ini banyak orang yang beranggapan bahwa upah minimum ini sama dengan total atau kekayaan bersih ketika Anda dibayar oleh perusahaan secara bulanan.

Namun faktanya pekerja bisa mendapatkan tunjangan atau tunjangan tertentu. Misalnya, pekerja mendapatkan bonus tunjangan hari raya pada saat bulan puasa atau pada saat hari raya besar.

Kemudian biasanya Anda juga mendapatkan manfaat kesehatan berupa BPJS atau jaminan kesehatan lainnya, kacamata gratis dari kantor dengan nominal biaya tertentu jika memiliki mata minus dan bonus lainnya.

6. Sistem Pembayaran Gaji UMR Maupun UMK

Ketika seorang pekerja mempunyai suatu kontrak, ia selalu mendapatkan upah minimum regional. Karena ketika sebuah perusahaan merekrut karyawan baru, mereka biasanya bekerja minimal 2-5 tahun.

Sistem kerja biasanya hanya lima hari kerja dalam seminggu. Gaji dapat dicairkan pada tanggal 21 atau 1 setiap bulannya. Jika karyawan menyetujui pengurangan atau sistem kerja harian, gaji biasanya ditransfer pada tanggal 25 setiap bulan.

Karena itu hanya bekerja selama sehari sampai seminggu. Namun, para pekerja ini tidak menerima tunjangan yang sama dengan mereka yang dipekerjakan sebagai karyawan tetap disebuah perusahaan.

Spesifikasi dari Gaji UMR

Sumber Peraturan Pemerintah No. 07. Pada tahun 1990 ditemukan kandungan UMR yang terbagi menjadi 3 bagian. Yang pertama berisi gaji pokok atau pokok.

Artinya dalam sebuah persyaratan diterima bersama dengan melihat tingkat atau jenis pekerjaan yang disepakati antara karyawan dan perusahaan.

Poin kedua menyangkut pendanaan awal dari perusahaan. Biasanya ditujukan untuk pekerja yang sudah berkeluarga. Dan itu adalah hibah untuk anak-anak, pasangan, biaya perjalanan jika Anda bekerja atau mengadakan pertemuan di luar perusahaan. Pertanyaan-pertanyaan berikut dibayar penuh setiap bulan.

Poin ketiga adalah subsidi di luar upah pokok. Rata-rata berbentuk seperti biaya tenaga kerja. Metode pembayaran dapat dilakukan kapan saja atau pada saat yang bersamaan.

Misalnya, bisa dibayar harian atau mingguan. Karena kebutuhan mereka tidak sepenting kebutuhan orang lain. Ada 5 perbedaan yang bisa dipahami dari gaji UMR Medan dan gaji UMK Medan.

Baca Juga :

Itulah ulasan yang telah kami jelaskan dan sampaikan semoga bermanfaat bagi Anda yang mencari informasi tentang Gaji UMR Medan. Sekian dan terima kasih!!