Gaji Karyawan SPBU

Gaji Karyawan SPBU – Mau tahu gaji karyawan Pertamina atau operator SPBU Pertamina lainnya? Umumnya gaji pegawai di Indonesia ditentukan dengan berdasarkan besar kecilnya UMR atau UMP di masing-masing daerah.

UMP atau UMR adalah definisi standar minimal yang harus dibayar oleh pengusaha dan pelaku industri dalam kaitannya dengan remunerasi pekerja atau pekerja. Ketentuan UMR dimaksudkan untuk memastikan bahwa setiap pegawai menerima upah yang layak sesuai dengan kondisi setempat.

Setiap daerah mempunyai standar upah minimum yang berbeda-beda. Setiap perusahaan atau pengusaha yang beroperasi di suatu daerah wajib menetapkan upah terendah dengan upah minimum di daerah tempat tinggalnya.

Pertamina adalah perusahaan milik negara yang fokus pada pengelolaan, pengolahan dan distribusi bahan bakar minyak dan gas di Indonesia.

Akan tetapi BUMN tersebut yakni mempunyai dengan berbagai anak perusahaan diantaranya Pertamina Retail melalui SPBU yang telah menjual BBM secara eceran terhadap kalangan masyarakat. Jika Anda ingin bekerja sebagai pekerja SPBU, lihat gaji pekerja SPBU Pertamina.

Peran SPBU tersebut semakin berkembang karena hampir semua bidang kehidupan membutuhkan bahan bakar untuk usaha, transportasi, bisnis, dan lain-lainnya. Oleh karena itu, jumlah SPBU terus meningkat setiap tahun.

Hal ini tentunya membuka berbagai kesempatan kerja untuk menurunkan angka pengangguran di masyarakat. Sekarang SPBU tidak hanya menjual bensin, tetapi juga bensin, baik itu gas air asin, botol gas besar atau botol gas melon untuk masyarakat yang kurang mampu.

Selain itu, SPBU juga menawarkan berbagai fasilitas misalnya inflasi, masjid, ban, mini market, pembelian minyak, bengkel, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, jumlah karyawan SPBU yang saya butuhkan semakin banyak.

Nah, dibawah ini akan kami siapkan dengan beberapa sebuah penjelasan yang nantinya akan membantu Anda dalam mencari informasi mengenai Gaji Karyawan SPBU. Untuk ulasan selengkapnya silahkan simak sebagai berikut!!

Apa itu SPBU ?

Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum). Seperti namanya, SPBU ini digunakan untuk pembelian eceran atau retail bahan bakar untuk mobil, roda dua dan roda empat, dan lain sebagainya.

Pastinya banyak yang familiar dengan SPBU Pertamina sendiri, ya itu kan BUMN. Namun ternyata ada juga SPBU swasta, dalam dan luar negeri. Meningkatnya kebutuhan BBM juga menyebabkan tumbuhnya SPBU di seluruh wilayah Indonesia.

SPBU

Awalnya Pertamina membangun SPBU dengan nama Pertamina Way merupakan SPBU reguler yang menjual BBM premium, solar, Pertamax plus, Pertamax, dengan standar operator, standar pelayanan serta fasilitas yang sangat standar.

Kemudian ada SPBU swasta asing dengan format yang lebih baik dari SPBU Pertamina dari segi konstruksi fisik dan pelayanan, serta takaran dan kualitas BB.

Seluruh SPBU Pertamina Way yang ingin mengikuti program tersebut sedang dilatih kembali, mulai dari operator sebagai ujung tombak di lapangan, pengelola dan pengelola SPBU, guna meningkatkan kualitas agar tidak terjadi lagi kecurangan dan dapat bersaing dengan pihak swasta atau SPBU asing.

Gaji Karyawan SPBU Pertamina 2020 Terkini

Retail Pertamina biasanya memiliki lowongan setiap tahun sehingga siapa pun dapat mencoba peruntungan untuk mendapatkan pekerjaan.

Lokasi-lokasi ini dapat diperoleh langsung dari situs web atau dari pom bensin terdekat (stasiun operator dan lainnya, jika ada).

Gaji-Karyawan-SPBU

Sebelum memutuskan posisi yang diinginkan, ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu mengenai posisi yang tersedia dan kisaran gaji yang bisa dicapai, diantaranya ialah:

1. Assistant Manager : Rp. 10 jt/bulan

Tugasnya adalah membantu pengelola melakukan kegiatan di SPBU, misalnya dalam pengawasan, pengaturan, dan sebagainya. Wakil pengawas juga dapat mengganti pengawas jika tidak dapat menghadiri rapat di Pertamina.

2. Manager : Rp. 22,5 jt/bulan

Tugas manajer adalah membuat keputusan internal di SPBU, memantau, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pengadaan. Selain itu, pengelola juga melakukan administrasi kepegawaian karyawan dan mewakili SPBU terhadap Pertamina.

Gaji pegawai SPBU Pertamina untuk posisi tersebut sangat tinggi karena peran mereka yang sangat penting di masa depan SPBU.

3. Supervisor : Rp. 8,6 juta/bulan

Tugasnya antara lain memantau volume penjualan dan pasokan bahan bakar yang tersedia, dengan mempertimbangkan kualitas dan kuantitas bahan bakar, agar memenuhi standar yang ada. Departemen ini juga bertanggung jawab untuk memastikan SPBU berjalan dengan lancar.

4. Senior Staff : Rp. 6 jt/bulan

Tugas para eksekutif tergantung pada pembagian kerja mereka. Akan tetapi, tugas umum mereka adalah mencatat, memantau kinerja operasional, melakukan pekerjaan departemen dengan benar, dan melaporkan setiap aktivitas kepada atasan.

5. Koordinator : Rp. 8 jt/bulan

Tugas seorang koordinator cukup luas di berbagai bidang karena perannya sebagai atasan. Tugas koordinator karena itu termasuk menyediakan alat, mengawasi penjualan bahan bakar, dan fasilitas, dan mengoordinasikan shift karyawan.

6. Senior Losses and Control Staff : Rp. 6 jt/bulan

Jabatan ini merupakan bagian dari HRD yang mengelola dan memperhitungkan masa kerja setiap karyawan. Oleh karena itu, departemen ini bertanggung jawab untuk menghitung jam kerja karyawan, mempersiapkan waktu perekrutan dengan benar dan bekerja sama dengan HRD, menentukan karyawan yang dibutuhkan sesuai dengan kriteria tertentu.

7. Legal Officer : Rp. 6 jt/bulan

Tugas seorang pengacara adalah mengurus berbagai persyaratan hukum di sebuah pompa bensin. Oleh karena itu, orang yang sah dapat bekerja untuk mendirikan unit bisnis dan membela pompa bensin ketika terjadi perselisihan di pengadilan.

8. Technical Staff : Rp. 6 jt/bulan

Tugas utama staf teknis adalah melakukan inspeksi, pemeliharaan, dan perbaikan berbagai perangkat di pompa bensin. Posisi ini harus tersedia setiap saat, karena kerusakan dapat terjadi kapan saja dan perbaikan harus dilakukan secepat mungkin.

9. Staff : Rp. 4,5 jt/bulan

Tugas karyawan tergantung pada wilayah kerjanya masing-masing. Akan tetapi, posisi ini umumnya melakukan tugas administrasi, melakukan transaksi, meninjau laporan keuangan, mengevaluasi dan memantau kinerja.

Karyawan juga bekerja atas permintaan manajemen, terutama dalam situasi khusus, misalnya studi kelayakan atau analisis pasar.

10. Treasury Staff : Rp. 4 jt/bulan

Tugasnya adalah mengelola modal kerja, manusia, dan sumber daya lainnya dengan benar. Selain itu, posisi ini juga bekerja dengan mengelola kas dan investasi yang dilakukan oleh SPBU untuk menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi.

11. Akuntansi : Rp. 4,2 juta/bulan

Tugas departemen akuntansi adalah mencatat transaksi harian, menghitung penerimaan uang dari penjualan, menerbitkan faktur penjualan dan pembelian, dan memastikan kelancaran arus kegiatan transaksi.

Pembukuan juga menjadi semakin umum, terutama selama musim ujian, karena ketika akan melakukan sebuah laporan keuangan dan bukti transaksi biasanya diketahui terhadap akuntan keuangan SPBU.

12. Junior Staff / Account Staff : Rp. 4 jt/bulan

Tugas pokok departemen ini adalah tertib dan tertibnya pelaksanaan kegiatan departemen. Namun, pekerja akun perlu memasukkan detail transaksi, menyimpan catatan keuangan, dan memastikan bahwa setiap transaksi yang mereka lakukan setiap hari berjalan lancar dan dapat dilacak dengan benar bila diperlukan.

13. Business Staff : Rp. 4 jt/bulan

Posisi ini bertanggung jawab atas perencanaan bisnis jangka pendek dan jangka panjang. Selain itu, departemen juga menjalankan setiap kegiatan bisnis yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

14. Staf Administrasi : Rp. 4 juta/bulan

Tugasnya berhubungan dengan seluruh administrasi di SPBU. Tugas-tugas ini meliputi pengarsipan, korespondensi, dokumentasi, penyediaan layanan administrasi kantor dan pembuatan rencana kerja dan evaluasi secara teratur.

15. Pengembangan Aplikasi Teknologi Informasi : Rp. 4 juta/bulan

Peran utama dari posisi ini adalah membuat aplikasi yang ditujukan untuk pembeli agar mereka dapat dengan mudah membeli BBM dan mendapatkan harga yang lebih murah.

Selain itu, posisi ini juga harus mengembangkan aplikasi untuk memperoleh berbagai informasi penting terkait BBM, Pertamina, dan informasi penting lainnya.

16. Admin : Rp. 2,5 jt/bulan

Tugas admin ialah melakukan korespondensi, menyapa dan menjawab pertanyaan dan keluhan dari pembeli dan pelanggan, mengelola bukaan harian dan memasukkan data perusahaan.

Selain itu, administrator juga bertanggung jawab untuk membuat agenda kantor dan pesan alat tulis. Gaji pegawai SPBU Pertamina untuk posisi tersebut cukup sesuai karena pekerjaannya yang sederhana namun intensitasnya sangat tinggi.

17. Administrasi Operasional : Rp. 2,5 juta/bulan

Tugas utama departemen ini adalah melaksanakan kegiatan administrasi untuk kegiatan operasional SPBU termasuk karyawan operator, perwakilan internal dan departemen penjualan.

Manajemen operasional dilakukan untuk memperlancar kinerja pengurus dan staf administrasi sehingga memperlancar kegiatan administrasi dan surat menyurat.

18. Sales Attendant : Rp. 2,4 jt/bulan

Tugasnya melayani pembeli yang masuk dan merekomendasikan produk Pertamina kepada pembeli tersebut. Oleh karena itu, pramugari diharapkan memiliki kemampuan dalam menghafal, berbicara, dan memahami setiap produk yang ditawarkan sehingga pembeli merasa puas dengan layanan dan produk yang direkomendasikan.

19. Magang : Rp. 1,9 juta/bulan

Posisi ini khusus ditujukan untuk magang, karena program ini digunakan sebagai platform pembelajaran bagi siswa.

Tugasnya cukup berbeda tergantung pada lokasi departemen, tetapi tugas internal umum terdiri dari mendukung tugas operasional dan administrasi sehingga semua kegiatan di SPBU dapat berjalan dengan lancar.

20. Operator : Rp. 2,3 jt/bulan

Sebagai pihak yang bertemu langsung dengan pembeli, sudah menjadi kewajiban mereka untuk melayani pembeli dengan baik, sopan dan ramah saat mengisi bahan bakar. Selain itu, posisi ini juga harus memastikan kebersihan peralatan dan area sekitarnya. Kemudian melakukan perawatan harian di seluruh fasilitas SPBU.

21. Pengembangan Staff Internal : Rp. 1,5 juta/bulan

Seperti posisi internal, posisi ini juga khusus diisi untuk magang. Perbedaan posisi ini secara khusus terletak pada departemen HRD, yang tugasnya adalah mendukung karyawan lain dalam membuat seri rekrutmen, mengembangkan program pelatihan, dan lain sebagainya.

22. Penjual : Rp. 1,5 juta/bulan

Jabatan ini biasanya diisi oleh karyawan yang masih menjalani pelatihan sebelum bekerja sebagai operator. Tugasnya kurang lebih sama dengan operator, yakni melayani pembeli saat mengisi bahan bakar dan menjaga kebersihan lingkungan SPBU dan peralatan yang ada.

Gaji pegawai SPBU Pertamina tersebut di atas hanya gaji pokok dan tidak digabung dengan jasa lainnya. Contoh manfaat tersebut adalah lembur, kinerja, dan lain sebagainya.

Selain itu, gaji pramuniaga dan operator berbeda-beda sesuai UMR masing-masing daerah. Jadi jangan heran jika Anda menemukan gaji yang lebih tinggi atau lebih rendah dalam setiap posisi di wilayah atau kota yang berbeda.

Baca Juga :

Diatas ialah beberapa informasi dan penjelasan yang telah kami siapkan untuk kalian mengenai Gaji Karyawan SPBU. Itulah ulasan yang telah kami jelaskan semoga bermanfaat, terima kasih!!