Gaji Barista Starbucks

Gaji Barista Starbucks – Starbucks? Siapa yang tidak kenal dengan perusahaan ternama ini? Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu Starbucks, berikut ini adalah sedikit tentang perusahaan tersebut.

Starbucks Corporation merupakan perusahaan kopi global dan jaringan kedai kopi yang berbasis di Amerika Serikat dan berkantor pusat di Washington, dan Seattle. Starbucks adalah perusahaan kedai kopi terbesar di dunia.

Faktanya, toko di 61 negara tersebar di 20.336 dan tidak terkecuali negara kita yaitu Indonesia. Pasti sebagian dari Anda pernah melihat atau memesan secangkir kopi di Starbucks.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang gaji karyawan di Starbucks, lebih tepatnya gaji barista Starbucks. Mungkin banyak orang yang memikirkannya.

Untuk lebih jelasnya mengenai gaji barista berikut ini selengkapnya dijelaskan di bawah ini. Jadi simak pembahasan gaji barista ini sampai selesai ya teman-teman!!

Apa itu Barista ?

Barista merupakan orang yang menyiapkan minuman kopi berdasarkan espresso. Barista biasanya bekerja di kafe khusus. Dan ini tentu saja definisi seorang barista yang dikenal orang di seluruh dunia.

Dalam menjadi seorang barista, Anda perlu mempelajari cara membuat berbagai macam minuman kopi. Anda mungkin memerlukan sedikit keterampilan artistik.

Sebagian besar kafe khusus menawarkan minuman kopi berbasis espresso. Espresso bukanlah biji kopi atau jenis panggang tertentu (yang berarti cara memasak biji). Espresso di sisi lain ialah cara khusus untuk menyeduh kopi.

Sementara istilah barista secara teknis mengacu pada seseorang yang telah terlatih secara profesional dalam membuat espresso, itu juga dapat digunakan untuk menggambarkan siapa saja yang memiliki pengetahuan kerja yang baik dalam membuat minuman espresso seperti latte dan cappuccino.

Kebanyakan barista yang bekerja di kedai kopi atau kafe mengoperasikan mesin espresso komersial (bukan mesin espresso rumahan). Meskipun pekerjaan mereka mungkin tampak sederhana, mesin espresso komersial berbeda.

Beberapa manual dan membutuhkan pelatihan, keterampilan, dan kemampuan luar biasa untuk beradaptasi dengan nuansa setiap batch kopi, pilihan minuman, kondisi cuaca hari itu, dan faktor lainnya.

Karena barista bekerja lebih dan lebih tepat di mesin, ia harus mempelajari langkah-langkah rumit ketika akan menyiapkan espresso.

Gaji Barista Starbucks Kira-Kira Berapa ya? Kamu Harus Mencobanya!!

Setelah melakukan sedikit riset tentang perusahaan Starbucks, mari kembali ke pembahasan utama, gaji barista. Nah, bagi kalian yang belum tahu apa itu barista, barista merupakan orang yang tugasnya membuat dan menyajikan kopi untuk pelanggan.

Starbucks, yang memiliki peraturan waktu kerja bagi karyawannya, mencakup barista penuh waktu dan paruh waktu. Ini sesuai dengan karyawan KFC atau orang lain yang tunduk pada peraturan sistem penuh waktu.

Gaji-Barista-Starbucks

Oleh karena itu, tentunya besaran gaji atau uang juga bervariasi, karena barista part-time memiliki waktu kerja minimal 4 hari kerja per minggu dengan aturan minimal 4 jam per hari.

Barista penuh waktu sekarang bekerja 9 jam sehari. Kemudian tidak ada informasi yang jelas mengenai besaran gaji yang diperoleh barista tentang gaji itu sendiri. Namun menurut pelaku (barista) dan beberapa sumber, gajinya adalah UMR atau UMK di wilayah kerjanya.

Menurut informasi yang tersebar luas, gaji paruh waktu untuk bekerja sebagai barista di Starbucks antara Rp 150.000 hingga Rp 200.000 setiap 9 jam. Artinya Anda bisa menghitung sendiri jumlahnya jika Anda bekerja (paruh waktu) 4 jam sehari.

Syarat Menjadi Barista Starbucks

Barista akan berhadapan langsung dengan pelanggan dan menjadi wajah kafe saat pertama kali bertemu. Selain membuat kopi, Anda harus pintar berkomunikasi dan memberikan kesan yang baik pada pembeli Anda.

Selain itu, Anda juga harus menjadi pribadi yang gesit dan teratur serta selalu menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan.

Syarat-Menjadi-Barista-Starbucks

Apakah Anda ingin menjadi barista di Starbucks? Pertama, pastikan Anda termotivasi, memiliki people skill yang kuat, dapat bekerja dalam tim dan dapat bekerja secara shift. Jika Anda ingin menjadi full-time barista, berikut persyaratannya:

  • Pengalaman di industri makanan dan minuman, perhotelan dan retail
  • Lebih suka perhotelan, pariwisata dan ilmu sosial
  • Gelar sarjana atau pendidikan tinggi lainnya.

Berbeda dengan full-time, berikut adalah persyaratan untuk menjadi barista paruh waktu di Starbucks:

  • Mahasiswa semester empat, diutamakan dengan fokus pariwisata, perhotelan, dan ilmu sosial.
  • Bersedia bekerja minimal empat hari seminggu.

Keuntungan Bekerja di Starbucks

Apa keistimewaan lain yang bisa didapatkan seorang barista selain gaji di atas? Sebagai imbalannya, ada sejumlah fasilitas yang dapat diterima dan diperoleh barista Starbucks, diantaranya ialah:

1. Jadwal Fleksibel

Bekerja di Starbucks juga memberi siswa fleksibilitas. Pasalnya, Anda bisa meminta jadwal agar tidak bentrok dengan jadwal. Mereka yang bekerja juga memiliki dua hari libur per minggu.

Bahkan, Anda bisa mendapatkan akhir pekan. Namun harus diingat, Anda tidak bisa mengambil setiap minggu di akhir pekan, mengingat orang lain juga ingin pergi berlibur di akhir pekan.

2. Jam Kerja Mulai dari Empat Jam Sehari

Mengapa siswa dapat bekerja di Starbucks? Salah satu alasannya adalah aturan empat jam atau lebih per hari. Jadi mahasiswa bisa melanjutkan kuliah sambil mengerjakan tugas di kafe.

3. Minum Kopi Gratis

Bekerja di Starbucks tetapi tidak pernah minum kopi? Ini tidak menyenangkan. Nah, bagi Anda yang bekerja di gerai, Anda pasti mendapatkan kopi generasi gratis.

Aturannya adalah empat jam kerja dan kemudian minum. Jadi jika Anda bekerja delapan jam Anda akan mendapatkan dua gelas. Lumayan menghemat hingga Rp 50.000 saat membeli Starbucks sebagai pelanggan.

Dalam 30 hari Anda dapat menghemat hingga Rp 100.000. Anda dapat membeli paket data internet. Selain itu, kue yang tidak habis dan akan kadaluarsa biasanya dibagikan kepada karyawan.

4. Kesempatan Menggunakan Mesin Masterna Espresso

Mesin ini ada di setiap toko Starbucks dan harganya cukup mahal. Anda tidak dapat membeli mesin ini, bukan? Nah, jika Anda bekerja di Starbucks, Anda dapat menggunakannya untuk mencampur pesan kopi dari pelanggan.

5. Dapat Banyak Pengalaman dan Skill

Tentu saja Anda akan mendapatkan banyak pengalaman dan keterampilan di sana. Anda akan belajar cara membuat kopi atau menjadi barista.

Kemudian karyawannya biasanya kasir dan pastry chef. Jadi Anda tidak akan bosan karena Anda bisa belajar apa saja selain cara membuat dan menjual minuman.

Juga, jangan lupa untuk memberikan minuman kepada pelanggan dan merapikan adalah pengalaman yang luar biasa.

Anda mungkin tidak pernah melakukannya di rumah, tetapi Anda sedang belajar. Selain itu, Anda akan belajar menjadi orang yang baik dan mengendalikan emosi.

6. Bertemu dengan Orang Baru

Pembeli yang datang dan pergi memastikan Anda bertemu orang baru. Dengan sapaan yang hangat dan ramah, Anda pasti akan terlihat akrab dan ramah.

Anda juga dapat berbicara dengan pembeli jika, misalnya, Anda ingin merapikan meja dan hanya ingin mengambil tong sampah. Meskipun Anda dapat mengembangkan persahabatan, peluang lain biasanya muncul, misalnya dalam mendapatkan teman baru.

Anda bisa mendapatkan banyak informasi dengan teman-teman baru. Siapa tahu, seseorang yang sudah Anda kenal adalah pemilik bisnis dan Anda mungkin ditawari peluang bisnis.

7. Gaji Kerja Part Time di Starbucks Lumayan

Misalnya disebutkan di atas, tidak ada informasi terbuka tentang ini. Tetapi berita untuk pekerjaan penuh waktu di Starbucks menawarkan gaji yang lebih tinggi daripada UMR regional.

Ya, pekerjaan paruh waktu juga memberi Anda gaji yang layak, tergantung pada berapa lama shift Anda. Bagi Anda yang ingin menambah penghasilan biaya kuliah, Anda bisa mencoba kerja paruh waktu di sana.

8. Dapat Gelar Coffee Master

Jika Anda tertarik dengan kopi dan Starbucks, dapatkan gelar Master Kopi. Tentunya gelar ini bisa menjadi bekal jika ingin melanjutkan passion di dunia kopi. Mereka yang menyelesaikan gelar “Coffee Master” di Starbucks nantinya akan beralih ke black apron.

Baca Juga :

Itulah ulasan yang telah kami siapkan dan jelaskan mengenai Gaji Barista Starbucks. Sekian dan terima kasih!!